skripsi..oh skripsi... :)


Bikin film….

Sebenernya bukan hal yang asing lagi yah, buat ku dan team … sudah pernah bantu bkin 5 judul film Ftv Waisak.. entah jadi penulis naskah..kameramen..ato pimpinan produksi (hal tersulit karena kudu urus dari a sampe z secara detail) tapi kali ini, deg deg an nya bedaaa… Hahahahaaa, harus jadi sutradaranya sendiri, jadi pemikirnya n intinya jadi kepala lengkapnya.. ya iyalaaah secara untuk keperluan skripsi :p

Kalo dibilang nekat.. ya nekat juga namanya yah, dari kampus ga ngasi matkul banyak mengenai sinematografi… sempet 2 matkul aja, videografi 1, meliputi editing n sedikit teori singkat mengenai video visual..akhir semester, ujian membuat iklan.. Tentu doonk aku bikin iklan yang ak buat sendri (ga pake donlod dr Youtube) kaan dibantu anak2 Pph, entah dr sisi 2 pemeran, narrator n bantuan satu kameramen ( itu tuh sutradara langganan PPh :p aku masi ga pede aja sendirian bikin iklan, hahahaaa…) Lalu ada videografi 2, tentang editing pake visual effect, jadi qta banyak belajar dimeja editing (sebenernya ak ga terlalu minat disini, bisa sih bisa..tapi aku lebih suka kalo bikin naskah n alur cerita..)tentunya tugas tengah semester ada juga laaah..intinya video harus diedit pake after effect.. berhubung ak lebih suka yg beda dari temen2.. soook meramal niiih, pasti mereka bikin adegan berantem sendiri ato sulap gitu. Ya udah, ak plan bikin trailer film aja kali yah, judulnya… “Otong Pasti Pulang” hahahaa, aga konyol judulnya, untungnya minta bantuan 2 pemeran teman,mereka rela aja berakting layaknya satu menjadi guru di suatu perguruan silat, satu lagi pemuda yang ga bisa silat tapi sok jago.. :D yaaaah, berhasil bikinnya, masalah nilai ak ga tau pasti , waktu ak presentasi juga jelek menurutku, maluu benernya, karena ak cewe sendiri dikelas ituh, (sebenernya ada 2 lagi,cuma jarang masuk) parahnya pas akhir semester, tugas membuat BUMPER iklan kampus… heemmmm sulit untukku yaah, seperti kata diawal, ak ga terlalu interest dimeja editing berkutat dengan program2… heheheheheee tapi alhasil yg jelas aku selesaikan dengan sangat sederhana xixixiixiiii

Sekarang saatnyaaaaa (masih belum pede sebenernya…) bikin film documenter yang murni aku bikin sendiri… gayaaa yaaaaah…

Sebenernya , niat awal bikin skripsi dari jaman awal2 masuk kuliah, bikin film nih seru, tapi kata temen2 kudu berbau coding, soalnya predikat kelulusan kami kan S.kom tuuuh
Yaaah..kuurungkan saja niat itu.. sampai pada akhirnya aku harus menyusun KRS.. Tugas Akhir…

Saat itu aku, Riska, Henny n tiyak sepakat susun skripsi bareng2, bahkan dengan tema yang hamper mirip… sooo qta bikin tema corporate identity perusahaan pke flash , cd interaktif gitu, kan bisa bercoding ria d flash, kami piker its okee amannn… yuhuuuu udah pilih pembimbing pula. Semangat kita beremapt niih.. tapi anehnya yang paling gentol bimbingan malah aku ngebut ke bab 2 udah duluan dari mereka. Sayangnyaa waktu kasi bab 2 yang udah kuprint dengan rapi… “wik, kemarin kami para dosen rapat mengenai tema skripsi untuk jurusan DGM n MTI, dan ini SK nya”
Jleeebbbbb…. Perasaan ga enak nih…
”lalu sepertinya tea skripsiu tidak masuk di list SK yang sudah di sepakati kemarin, kamu ganti saja jadi bentuk e learning atau bagaimana yah”

Ajegileee...aku udah lobi sipemilik perusahaan, kumpul2in data perusahaan..lalu cari2 tau wawasan tentang perusahanku ituuu
Lama aku berdiskusi dan otakku buntu...sesuatu yang setengah jadi, dirombak secepat kilat jujur ak makin pusing, yaah kuputuskan saja ”saya pulang dulu ya Pak, nanti saya pikir2 lagi, enaknya bagaimana, apa di iklan kan konsep saya ini ato dijadikan e learning ( kudu pikirin lagi manfaat buat masyarakat apa! Tujuan skripsi ktnya begetooo)

Lemessss laaah, bab 2 udah jadi Cuma perlu revisi, kudu kuubah.. plus judul juga berubah.. beraaaaat

Terlintas ada pilihan ”videografi” apa aku pilih itu aja yaaaah
Ada pilihannya lagi, film pendek, film dokumenter, videoklip ato games 2d 3d

Berfikir keras dan teringat kata2 pembimbingku ”kalau kamu mau pilih tema n tentukan judul skripsi, pilihlah sesua passion dan kemampuan yang kamu punya”

VIDEOGRAFI!.... aku tertarik disana... dan soal kemampuan walaupun baru beberapa persent, masi bisa ditingkatkan lewat buku , ato ty2 ke yang ahli...
Sikat hajaaar.. pilih yuk videografi...
Aku sempet erita ke Riska n dia blg dibikin Web saja perusahaan yang udah kulobi itu.. wedeew..passion ku tak disana mengenai we, n kemampuan juga minim.. ak ga mau dipersulitsaat ujian seminar dan sidang

Tema sudah kupilih , tinggal konsepnya apa yaaah...yang aman n ga trlalu sulit...
Cari tau tentang dokumenter.. aku tertarik deh sepertinya, ubek2 buku di toko buku seluruh Denpasar... nihil soal dokumenter n film2 gitu.. hadeeeeh... sempet rasanya mengeluh..susah bener yaaaa tapi ga mau putus asa! Ini kan pilihankuuu, tapi aga khawatir juga soal coding.. bikin film pake coding? Tiiing tiiing tiiing gimana jalan ceritanya yah pas ngedit.. cari tauuu lagiiiiii... Lobi deeeh dosen videografi ku dulu, mana jarang dikampus lagi, aku cari aja di kampus berbeda tempat dia juga menjadi staff disana.. Bwa kue sekotak untuk oleh2 n tanya2 dia... sedikit tenang dia byk memberi pengertian n kejelasan mengenai editing film pake coding 60 % itu mustahil, sudah tersedia mudah kenapa harus susah di coding, apa jadi film terlalu banyak efek..intinya begitu.. baikkk! Aku akan utarakan besok saat pembekalan TA (bayangin ajaaa, dah ambil TA, ajukan judul n dah bab 2, baru ada pembekalan TA capedeeeeh)

Saat pembekalan TA yang lebih byk dibahas ya soal penulisan.. duuuh jauh2 dah dari otakku, yang penting kan ad panduannya ntr dibagikan..yang jadi pikirankuuu.. apa masi berlaku sistm 60% harus menggunakan coding! Harus ditanyakan dimuka umum niiih ke dosen2 n kaprodi ku...

Aku banyak tanya disana dan aku tegaskan terus pertanyaanku yang intinya mustahil mau edit film pke 60% CODING dan untuk judul harus juga diberi embel2 dengan metode blablablaa.. setauku anak DGM aga jarang mematok satu software dlm pengerjaannya..sooo aku kudu tanya ituuu, dan hasil kudapaaat...

Soal pembimbing aku juga aga bingung dengan segala penjelasannya... naaaah saat aku diskusi lagi sama kaprodi 4 mata diruang dosen.. soal judul..dia bertanya ke salah satu dosen DGM gitu..aku belum pernah diajarin sama pak satu ini.. dia banyak kasi penjelasan mengenai skripsi Dgm ke kaprodi ku itu..bla..bla..blaaa... ( dan tentunya dalam hatiku... tiiiiing! Pak dosen satu ini sprtinya cerdas, bisa kumengerti omongannya, knp ga dia aja jadi pembimbingku aja yaaaah) lalu pas ak mau pamit tanya ke Kaprodi ”pak, saya boleh ganti pembimbing?” hehehehehheeeee

Dan kubulatkan tekad bikin film dokumenter dengan judul ”Perancangan Film Dokumenter tentang kehidupan Sosial Lansia di Panti Wredha Wana Seraya Denpasar”
Acc dan ak harus lanjut buat bab 1, 2, n 3 bekal menuju ujian seminar proposal

Aku ga banyak ribet soal bimbingan yah, ga tau kenapa, aku yang pinter ato hanya kebetulan wekekekekek. Aku bimbingan sebulan sekali loooh... sampe pembimbing baru ku minta kartu asistensi supaya dia ingat apa yang direvisi :D ya gimana donk, saya kan juga banyak kerjaan bikin kue..bisnis jalan duooonkssss

Rasanya bab 1 ter acc lanjut ke bab 2 , lalu acc dst..smpe bab 3 acc kok ngerasa lancaaaar gituuu

Tapi ga selancar aku cari ijin di dinsos n panti tmpt aku observasi... 2 minggu aku perlukan untuk beresin surat2 ijin yang isinya selembar doaaank.. yah pakai pengalaman sajaaa

Dan tiba waktuny 13 April 2012.... aku dapet jadwal Seminar Proposal..
Udah ga bisa aku rasain apa lagi dihatiku iniiii
Apalagi 3 sohibku itu sampe saat ini belum ada yang nyelesain bab 1 smpe 3, dengan berbagai alasan..ya tak apalah aku berjuang sendiri, toh hasil yang kudapat nantinya menguntungkan buat diriku juga..aku bisa lanjut berbisnis dengan tenang...

Masalah laporan diluar kepala deeeeh,isinya itu2 doank 42 halaman, dan berhubung smua dari a sampe  aku bkin sndri, tentu paham dooonk J

Eeeeeh, pas awal2 deg2n bener aku ngomongnyaa... rasa campur adukdukdukkk tapi dah tengah2 makin tenang gitu,.. ditambah lagi pas dosen penguji 1 itu pembimbing pertama ku (untung dulu aku tetap beretika pas pindah pembimbing, pamit dooonk) ”yaah, presentasi yang cukup bagus disampaikan tadi..” tenang poooolll

Aku pikir ga dilulusin soalnya pembimbingku bilang... ”ulang aja yah seminarnya”
Dalem ati, lancar begitu tadi pake ngulang, byk salah nulis gaaa...aku juga heran...nie laporanku kok mulus bener, yang dikomplain cm 1 rumusan masalah mengani kalimat merubah pola pikir.. itu sajaa.. kok bisa kudu ulang seminar..

”ngulang Pak?”dengan kaget aku jawab
”yaaa.. ngulang..biar besok2 klo bimbingan ada yang bawain saya kue lagi...” dan tertawa lepas Pak Jay ..

Haaaah..ternyata lulus toooh...

Lega selega leganya... bisa diberi kesempatan membuat skripsi dengan tema film dokumenter yang nantinya ak berpredikat Skom.. lega bisa menunjukkan kemampuan walaupun dikampus diberi fasilitas dan wawasan sedikit mengenai film dan kawan-kawannya, aku bisa dapetin buku2 dan teori2 yang mendukung laporanku.. bisa jawab apa yang diragukan dosen.. pokoknya legaaaaaa

Sejak saat itu.. sampe detik ini , aku belum menampakkan batang idungku lagi kekampus.. hahahaaa
Aku masi berkutat dengan kue dan urus toko.. sooo...tak bisa berbuat banyak.. project pun baru setengah jalan, survei tempat n tanya2 sajaa... take shoot keseluruhan belum :p

Soooo... cerita pembuatan film karya sutradara diriku sendiri.. aissss... akan kuceriakan setelah filmnya jadi sajaaaaah...

Hehehehehheeeee

Lebih senangnya lagi kalau ada teman yang ingin berbagi pengalaman dan wawasan soal film... (perlu banyak belajar lagi sayaaaa)



WiwikMartin

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia Dimulai dari Huruf M-Z

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap