Contoh Makalah Seni Musik

MAKALAH SENI MUSIK
Logo SMK Negeri 3 Sampit
Di Susun Oleh:
Ahmad Fauzan
Akbar Maulana
Anik Dewi Puji Lestari
Hardison
Muhammad Andri
Roni Setiawan


SMK NEGERI 3 Sampit
X Multimedia 2
Sampit, 14 Januari 2016



Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Seni Budaya serta rasa keingintahuan  kami  terhadap kebudayaan Indonesia khususnya seni musik.

Makalah ini berisi beberapa informasi tentang sejarah musik di indonesia. Manusia hidup di dunia ini tidak akan terpisahkan dengan yang namanya seni. Sehingga seni akan terus ada sepanjang manusia di dunia ini ada.

Dengan seni diharapkan kita sebagai makhluk sosial dapat menggerakkan perasaan kita untuk peka terhadap apa yang terjadi dan berkembang dimasyarakat.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan
Demi kesempurnaan makalah-makalah selanjutnya.

Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


i

DAFTAR ISI

Kata pengantar……………………………………....................................i
Daftar isi………………………………………….......................................ii



BAB    I PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang…………………………………………...........................................1
2.    Tujuan……………………………………………………...........................................1
3.    Manfaat…………………………………………………….........................................2

BAB     II PEMBAHASAN

A. Latar Belakang Musik 
1.    Pengertian Seni Musik.........................................................................................3

2.    Asal Mula Seni Musik……………………………...................................................4
            B. Fungsi Musik

3.    Perkembangan Seni Musik Dari Zaman ke Zaman…........................................4
            C. Manfaat Musik Dalam Kehidupan Sehari-hari

BAB    III PENUTUP

1.    Kesimpulan………………………………………………...........................................7
2.    Saran……………………………………………………..............................................7

DAFTAR PUSTAKA




ii
BAB I
PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa manusia dilahirkan tidak terlepas dari kodrat yang sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Mulai lahir, mereka sudah diberikan pengetahuan, bakat, dan kemampuan masing – masing dalam mengapresiasikan seni dalam kehidupannya. Setiap manusia mempunyai cara yang berbeda – beda dalam mengapresiasikan seni. Ada yang dituangkan dalam suatu cat dan dilukiskan dalam sebuah kertas, tembok, alat – alat transportasi, bahkan pada bagian tubuh manusia. Selain itu juga ada yang diapresiasikan melalui buku – buku yang bias dalam bentuk novel, kolakolaborasi antara gambar dan kata – kata (komik), ada juga mengapresiasikannya melalui sebuah gambar yang bergerak, baik itu karton maupun suatu film.

Selain itu juga banyak sekali orang mengapresiasikan kedalam bentuk syair yang sangat indah, dengan diiringi musik. Krena setiap manusia tidak sama,dalam pengapresiasikannya Sehingga seni, terutama seni musik berkembang dan berevolusi tanpa ada batasnya. Didunia ini tidak terhitung jumlah musik yang ada sekarang, karena perkembangannya tanpa mengenal waktu dan tempat. Disitu ada manusia maka seni terutama seni musik akan berkembang tak terkendali. Bahkan di Indonesia sendiri mempunyai berbagai macam seni musik, baik itu yang tergolong dalam musik tradisional, campuran antara tradisional, dan modern.

Bertolak belakang dari uraian diatas, seni juga tidak terlepas dari kebudayaan masing – masing daerah. Sehingga antara daerah yang satu dengan yang lainnya akan memberikan nuansa seni musik yang berbeda pula. Selain itu juga masih banyak yang belum mengerti tentang seni, terutama seni musik. Belum mengerti disini maksudnya, masih belum mengenal apakah seni itu? Padahal apa yang dilakukaanya terkadang dapat dikategorikan sebagi suatu seni, tanpa orang tersebut menyadarinya.

Oleh karena itu disini saya akan berusaha membahas tentang seni musik yang ada di Indonesia, untuk menambah wawasan kita tentang seni musik yang ada di Indonesia ini.



2.    Tujuan

Berdasarkan beberapa uraian diatas, maka ada beberapa tujuan yang akan diperoleh dari penyusunan makalah ini. Tujuan – tujuan tersebut antara lain :

1.    Mengetahui pengertian seni musik
2.    Mengetahui fungsi-fungsi musik
3.    Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari



1
3.    Manfaat

    Penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya, yaitu antara lain :

1.    Bagi Pembaca

Sebelumnya para pembaca yang belum mengenal seni terutama seni musik akan lebih mengenal dan diupayakan akan lebih mencintai apa yang dikatakan sebagai seni. Sehingga diharapkan dengan mencintai seni maka dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara akan menjadi lebih harmonis, dan saling menghargai perbedaan persepsi, bukan hanya diseni saja tapi dalam segi aspek kehidupannya

2.    Bagi Pencinta Seni

Bagi yang sudah mencintai seni, diharapkan akan menambah wawasan tentang seni musik yang ada di Indonesia, sehingga dapat menambah pengetahuan, yang nantinya dapat digunakan untuk bekal mengarungi dunia ini

3.    Bagi Penulis

Diharapkan dengan adanya makalah ini bukan hanya makalah ini saja yang akan disusun oleh penulis, tetapi diharapkan akan muncul makalah – makalah yang lain yang lebih berguna lagi bagi semua pihak yang membacanya, terutama bagi para pembaca ataupun pencinta seni terutama seni musik.



2

BAB II
PEMBAHASAN

  A.  Pengertian Seni Musik

1.    Pengertian Umum  Seni Musik

Musik adalah bunyi yang mengandung unsur-unsur tertentu, yang diterima  oleh individu, kelompok, maupun golongan masyarakat yang berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya, dan selera seseorang.

      Berikut Beberapa pengertian Musik menurut beberapa tokoh dari berbagai bidang ilmu:

     a)    R. G. Escher, Erikson, dan mantle Hood (ilmuwan)
musik adalah sebuah gerakan yang dalam totalitasnya memiliki sifat-sifat ritmis, melodis, dan harmonis.


     b)    Aaron Copland (komposer)
musik adalah bunyi yang terdiri dari 4 unsur pokok, yakni ritme, melodi, harmoni, dan tone color (warna nada).


     c)    Eduard Hanslick (komposer)
musik adalah gerakan bunyi (the essence of music is sound in motion).


     d)    K.S. Laurila (penulis)
musik adalah deretan nada yang secara objektif tidak lebih dari geteran-geteran udara , dan secara objektif hanya merupakan kesan-kesan pendengaran saja.


     e)    Aristoteles (filsuf)
musik adalah curahan kekuatan tenaga batin dan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerak rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

            Jika ditinjau dari segi bentuknya, musik adalah sekumpulan nada yang mengandung ritme, melodi, dan harmoni, yang menjadi suatu kesatuan (unity), serta merupakan pernyataan ide musikal tertentu.

          Bahkan, kita dapat kita mendefinisikan musik sesuai pengalaman yang dimiliki. Akan tetapi, dapat disimpulkan secara singkat bahwa musik adalah bunyi yang harus memiliki unsur-unsur pokok seperti ritme, melodi, dan harmoni.



3
2. Asal mula musik
Musik berasal dari bahasa yunani, “mousike” dan latin, “musica”. Kata “mousike” berasal dari kata  “mousa” (jamak:mousas), dalam bahasa latin “musa”, yunani  “mouskos”,  inggris  “muse”. Jadi dari kata “musica” lahirlah kata “musik”.

      Menurut mitologi yunani kuno, musica dimaksudkan sebagai “seni dari kaum musen”, atau “termasuk  kepunyaan mousas”. Musik adalah seni rupa milik salah satu dari kaum muzen yang berjumlah sembilan dewi.

      Menurut pujangga hesiodus, mahadewa zeus dengan permaisurinya mnemosyne mempunyai sembilan orang puteri . kesembilan dewi ini disebut kaum muzen. Kaum muzen dilahirkan di kaki gunung olympus dipersia. Masing-masing dewi memiliki /menguasai satu cabang seni atau ilmu. Ke-9 kaum muzen tersebut adalah:

     a)    Dewi clio menguasai ilmu sejarah,
     b)    Dewi euterpe menguasai puisi liris,
     c)    Dewi thalia menguasai seni komedi,
     d)    Dewi Melpomene menguasai seni tragedi,
     e)    Dewi Trispsichore menguasi seni tari dan nyayian paduan suara,
     f)     Dewi Erato menguasai seni pantonim dan syair percintaan,
     g)    Dewi Polyhymnia menguasai seni himne,
     h)   Dewi Calliope menguasi syair pahlawan,dan
     i) Dewi urainia menguasi ilmu bintang

3. perkembanagan musik dari zaman ke zamam

            Musik mengalami perkembanagan,perubahan,dan perluasan dari masa kemasa seiring dengan pertumbuhan kebudayaandalam masyarakat tempat musik itu tumbuh. Berikut contoh-contoh perkembangan musik dari Zaman ke Zaman:

    a)    Musik kuno (sebelum 476 M)
    b)    Musik sakral abad pertengahan (476-1450 M)
    c)    Musik sekuler abad pertengahan
    d)    Musik renaisans (1450-1600)
    e)    Musik barok (1600-1750)
    f)     Musik klasik (1750-1830)
    g)    Musik romantik (1815-1910)
    h)   Musik moderen/Abad ke-20 (1900-2000)
    i)     Musik kontenporer/abad ke-21 (2000-sekarang)

B. Fungsi Musik

            Secara umum,musik mempunyai fungsi yang hampir sama di setiap kebudayaan ataupun suku bangsa diseluruh duina .simak uraian tentang fungsi musik berikut:


4
1.fungsi pengiring upacara budaya/ritual
            Sejak zaman dahulu musik sudah digunakan untuk mengiringi upacara-upacara budaya atau ritual.para arkeolog menemukan berbagai alat musik tertera pada prasati-prasasti pada tahun 5000 sm di mesir,seperti harpa,lira,gitar,mandolin,dan seruling

2.fungsi hiburan
            Ketika indonesia masih terdiri dari banyak kerajaan, setiap tamu kerajaan akan disambut oleh iringan musik sebagai upacara penyambut sekaligus sarana hiburan bagi tamu kerajan tersebut.

3.fungsi komunikasi
            Sejak zaman dahulu musik sudah berfungsi sebagai alat komunikasi, dalam berbagai situasi.

4. Fungsi Pengungkapan ekspresi diri
            Musik merupakan salah satu media berekspresi bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaan,pikiran, gagasan, cita-cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.

5. Fungsi Pendidikan
            Musik memiliki fingsi pendidikan, yaitu sebagai media atau sarana untuk mengajarkan norma-norma, aturan-aturan yang berlaku dimasyarakat, sekalipun itu tidak tertulis.

6. Fungsi Pelestarian Kebudayaan
            Lagu-lagu daerah berfungsi sebagai pelestari budaya karena Tema-tema dan cerita dalam syairnya menggambarkan budaya daerah dengan sangat jelas.

7. Fungsi Respons Sosial
            Fungsi respon sosial tercipta dari para pencipta lagu yang sangat peka terhadap kondisi sosial, tingkat kesejahteraan rakyat, dan kegelisahan masyarakat.

8. Fungsi Pemersatu Bangsa
setiap bangsa memiliki lagu kebangsaan (national anthem) yang mewakili cita rasa estetik, semangat kebangsaan, dan watak dari budaya tiap negara.

9.Fungsi Promosi Dagang
 Di masa modern seperti sekarang ini, musik banyak dikreasikan sabagai sarana promosi, terutama melalui iklan-iklan di televisi dan radio.

10. Fungsi Ekonomi
            Bagi para musim dan artis propesional, musik merupakan mata pencaharian. Mereka dihargai lewat karya (lagu) yang mereka buat mainan.

C.   MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1. Musik dan Pendidikan
          Musik tidak hanya berfungsi mengasah kemampuan bermusik seseorang , tetapi juga berperan dalam bidang pendidikan atau bidang ilmu lain, misalnya meningkatkan kecerdasan di bidang matematika, sosial, dan bahasa.
5
2. Musik dan Kecerdasan Emosional
          Musik merupakan perwujudan fisik dari ekspresi emosi melalui media suara yang, dengan segala kekuatannya, dapat memengaruhi suasana hati, perilaku dan sikap seseorang.

3. Musik dan Kesehatan
          Terapi musik adalah kegiatan terapi kesehatan manusia dengan menggunakan musik. Jenis terapi yang di maksud antara lain pemulihan, penyembuhan,  dan peringanan, terutama untuk tujuan kesehatan  mental-psikologis.


6


BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan

Ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil dari uaraian diatas, yaitu antara lain :

1.    Seni musik adalah sebuah karya dari manusia, yang dalam perkembangannya tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa seni musik akan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

2.    Perkembangan musik di Indonesia tiap tahun akan berubah sesuai dengan kondisi masyarakat di Indonesia, siapa yang dapat meraih simpati masyarakat, enak didengar, maka aliran itulah yang akan ditirukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia

3.    Seni musik dapat membuat pribadi seseorang dapat menghargai karya orang lain dalam segala bidang. Dengan menghargai perbedaan tersebut maka dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara akan tercipta suasana yang aman, nyaman dan harmonis dalam masyarakat.

4.    Seni Musik tidak akan pernah padam atau tidak akan bias dipadamkan oleh siapapun, dengan kondisi apapun dan dimanapun berada.

B.    Saran

Dalam penulisan atau pembuatan makalah ini ada beberapa saran yang dapat dicantumkan disini. Dalam penciptaan seni musik hendaknya disisipkan nilai – nilai moral, sehingga secara otomatis terdapat pembelajaran yang bernilai positif bagi perkembangan tiap orang yang mendengarkannya



7



DAFTAR PUSTAKA
https://contohmakalah.co.id

Sekian dan Terima Kasih

Semoga Bermanfaat...
Sumber: https://ronisetiawan271099.blogspot.com

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap