Mengenal Sistem Operasi dan Kegunaannya


Apa itu Sistem Operasi ???

Menurut Wikipedia
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.
Menurut saya, Sistem Operasi merupakan sistem yang berperan penting untuk menjalankan suatu aplikasi pada komputer karena ini suatu tahap awal untuk menjalankan suatu aplikasi dan aplikasi akan berjalan setelan sistem operasi. sistem operasi juga sebagai jembatan atau penghubung antara software dan hardware yang memastikan hardware berjalan dengan baik atau tidak ada kerusakan.

Fungsi Sistem Operasi
  1. Untuk mengatur hardware karena tanpa adanya sistem operasi maka tidak ada yang mengontrol  pada hardware.

  2. Untuk menjalankan suatu program aplikasi karhuena aplikasi akan berjalan setelah sistem operasi saling terhubung dengan hardware, seperti ram, hardisk dan lainnya.

  3. Untuk Tampilan antarmuka sebab kita tidak harus menerjemahkan suatu bahasa pemograman  terlebih dahulu, ini dikarenakan oleh suatu sistem operasi yang sudah ada Graphical User Interface ( GUI ) atau tampilan antarmuka pengguna yang fungsinya telah dibuatkan dari sistem operasi bukan menggunakan sebuah perintah berupa teks.

Berikut ini adalah 8 fungsi sistem operasi :
  1. Resource Manager : Mengalokasikan sumber daya, maksud sumber daya disini adalah hardware seperti memori, CPU, Printer, disk drive dan perangkat lainnya.

  2. Coordinator : menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

  3. Interface : sebagai perantara antara pengguna (user) dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat atau mudah digunakan (User Friendly). Pengguna tidak akan dikhawatirkan dan dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah.

  4. Guardian : menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data dan program.

  5. Gatekeeper : mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem.

  6. Optimizer : menjadwal pemasukan (input) oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.

  7. Accountant : mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.

  8. Server : untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file.
  

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap