Contoh Makalah Sharing Data Lewat Hotspot


MAKALAH
SHARING DATA VIA HOTSPOT



Disusun Oleh
RONI SETIAWAN
1857201002063

PROGRAM STUDI SASTRA BAHASA INDONESIA
UNIVERSITAS DARWAN ALI ( UNDA )
SISTEM INFORMASI
SAMPIT, 08 Desember  2018








KATA PENGANTAR
Pertama kita ucapkan terima kasih tuhan yan maha esa atas karuninya lah kita bisa mengerjakan makalah ini untuk menyelesaikan/memenuhi tugas kuliah bahasa indonesia. Penulis berterima kasih kepada orang tua, teman teman dan dosen yang telah membantu menyelesaikan makalah Sharing Data lewat Hotspot.
Makalah ini disusun untuk menambah wawasan yang berkaitannya dengan Sharing Data lewat Hotspot yang penulis sajikan dari berbagai sumber informasi dan referensi. Pada saat mengerjakan Makalah ini muncul berbagai masalah. Baik yang munculnya dari internal maupun yang eksternal. Namun dengan kesabaran dan bantuan dari Allah SWT`maka makalah Sharing Data lewatHotspot dapat selesai.
Semoga Makalah Sharing Data lewat Hotspot yang penulis buat bisa bermanfaat atau berguna bagi kita semua dan menambah wawasan kita dalam berbagi data atau mengirim data  ( Sharing Data ). Penulis juga tahu bahwa makalah yang disusun ini masih belum bagus atau masih banyak kekurangannya. Untuk itu penulis minta masukan dari dosen maupun teman-teman yang bersifat membangun dan terima kasih.


Sampit,  Desember 2018

                   Penulis




  
DAFTAR ISI
Kata pengantar.................................................................................................................... i
Daftar isi.............................................................................................................................. ii

BAB    I PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang........................................................................................................... 1
1.2    Rumusan Masalah...................................................................................................... 1
1.3    Tujuan........................................................................................................ ............... 1
1.4    Manfaat...................................................................................................... ............... 2
1.5    Studi Pustaka............................................................................................. ............... 2

BAB     II PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Sharing Data Lewat Hotspot................................................................... 3
2.2    Syarat Sharing Data Lewat Hotspot.......................................................... ............... 3
2.3    Cara Membuat Hotspot di Windows 10.................................................................... 3
2.4    Cara Sharing Data Lewat Hotspot............................................................................ 6

BAB    III PENUTUP

1.    Kesimpulan.................................................................................................. ............... 8
2.    Saran............................................................................................................ ............... 8



BAB IPENDAHULUAN 

                            
1.1  Latar Belakang
     Sharing Data merupakan kegiatan mengirim/berbagi file atau data dengan adanya hotspot kita sudah bisa berbagi data atau file kita keorang lain. Sharing data ini sudah sering dipakai orang seperti di kantoran, mengikuti lomba komputer, disekolah, dan masih banyak lagi orang yang menggunakan sharing data ini. Kebanyakan orang tidak mempunyai flashdisk maka dari itu kita bisa sharing data lewat hotspot dan kita bisa berbagi data walaupun kita tidak mempunyai flashdisk. 

      Saya sendiri mencoba membahas Sharing Data lewat hotspot pada makalah ini agar dengan dapat berguna bagi orang lain, bagi saya dan untuk orang yang baru mengenal yang nama nya Sharing Data. Di internet banyak sekali membahas tentang Sharing Data, tetapi saya mencoba menulis makalah dengan judul Sharing Data lewat Hotspot yang dijelaskan secara inti nya saja atau sesuai topiknya saja, karena membahas secara semuanya itu memerlukan waktu yang banyak. Makalah ini dibuat kan agar pembaca mudah memahaminya dan tidak membosankan ketika dibaca. 



1.2 Rumusan Masalah

      1. Apa yang dimaksud dengan Sharing Data ?

      2. Apa saja syarat Sharing Data ?

      3. Bagaimana cara buat hotspot diwindows ?

      4. Bagaimaan cara melakukan Sharing Data lewat hotspot ?



1.3 Tujuan

      1. Untuk mengetahui apa itu Sharing Data

      2. Untuk mengetahui syarat Sharing Data

      3. Untuk mengetahui cara buat hotspot diwindows

      4. Untuk mengetahui bagaimana Sharing Data lewat hotspot


1.4 Manfaat

Adapun manfaat makalah ini agar para pambaca bisa Memahami bagaimana cara Sharing Data lewat hotspot. Agar kita tahu bagaimana cara membuat jaringan hotspotnya lewat cmd. Karena sharing data lewat hotspot tidak memerlukan biaya tanpa harus membeli flashdisk lagi. 



1.5 Studi Pustaka

Makalah Ini saya menggunakan Metodelogi Studi Pustaka yang artinya mencari informasi atau referensi dari majalah, internet, buku, majalah dan masih banyak lagi.



BAB II 
PEMBAHASAN 



2.1 PENGERTIAN SHARING DATA LEWAT HOTSPOT

Sharing Data merupakan suatu kegiatan untuk berbagi file atau data. Maka dari itu sharing data lewat hotspot adalah kegiatan berbagi file atau data yang menggunkan hotspot. Kenapa kita sharing data lewat hotspot, karena menurut saya ini sangat mudah tanpa menggunakan flashdisk, apalagi yang tidak punya flashdisk kita bisa menggunakan sharing data lewat hotspot ini dan terhindar dari virus, kecuali data yang kita kirim ada virus. 



2.2 SYARAT SHARING DATA LEWAT HOTSPOT

  1. Minmal harus ada 2 pc atau laptop yang melakukan sharing data.
  2. Membuat sebuah hostpot atau terhubung dengan
  3. Buat ke-2 laptop atau pc tadi saling terhubung karena kita menggunakan hotspot kita tidak memerlukan kabel.



2.3 CARA BUAT HOTSPOT DI WINDOWS 

  • 1. Buat dulu jaringan hotspotnya via cmd atau saling terhubung dengan yg sudah ada, disini saya menggunakan sistem operasi windows 10.

     
  • 2. Ketik di pencarian windows 10 atau dengan menekan windows + R dan ketikan cmd. 
  • 3. Cmd nya harus yang run administrator karena apabila tidak mengunakan run administrator dia tidak akan bisa, dengan cara klik kanan pada cmdnya > dan klik run administrator ini mengunakan mesin pencarian windows 10 dan apabila mengguakan + R kita tinggal mengkombinasikan Ctrl + Shift + Enter maka dia akan membuka cmd run administrator. 
  • 4. Setelah itu pilih yes. 
  • 5. Kemudian kita ketik “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=free key=12345678“ tanpa tanda petik, ssid dan key bebas kita isi sesuai keinginan kita dan enter. 
  • 6. Apabila sudah ada tulisan seperti dibawah ini, maka kita sudah berhasil membuatnya, tetapi masih belum aktif. 
  • 7. Cara menggatifkannya dengan cara ketik lagi “netsh wlan start hostednetwork” tanpa petik juga ya, apabila keluar tulisan seperti ini “ The hosted network started” itu berarti hotspot kita sudah aktif. 
  • 8. Kemudian buka Control Panel > Klik Network and Internet > Klik Network and Sharing Center > Klik Change Advanced Sharing Setting. 
  • 9. Pada Password Protected Sharing kita pilih turn off password protected sharing. Supaya ketika pada sharing data tidak mengguakan password. 



2.4 CARA SHARING DATA LEWAT HOTSPOT







  • 1. Pertama pilih file mana yang akan dishare, harus dalam folder pada saat ingin share datanya.
  • 2. Klik kanan foldernya dan pilih Give Access To > Klik Spesific People
  • 3. Kemudian klik panah kebawah seperti gambar dibawah ini > pilih Everyone dan klik add.
  • 4. Pilih yang Everyone read menjadi Read/Write dan klik Share seperti gambar dibawah ini dan klik done.
  • 5. Selanjutnya kita coba di pc atau laptop satunya untuk mengambil datanya dengan cara menghubungkan kehotspot yang dibuat tadi.
  • 6. Setelah itu kita buka network di file explorer.
  • 7. Cara nama pc/laptop yang melakukan sharing data tadi.
  • 8. Klik 2 kali pada network yang dipilih tadi kemudian kita copy folder yang telah disharing tadi dan copy ke laptop/pc.






BAB III 

PENUTUP 




3.1 KESIMPULAN

Sharing Data merupakan suatu kegiatan untuk berbagi file atau data. Maka dari itu Sharing Data lewat hotspot adalah kegiatan berbagi file atau data yang menggunkan hotspot. Kita harus bisa melakukan sharing data ini menurut saya karena ini membantu kita dalam berbagi file atau data dan juga bisa mengirim data kita atau tugas sekolah, apalagi kita tidak mempunyai sebuah flashdisk atau lainya. Hanya membuat satu buah jaringan kita sudah bisa berbagi data atau mengirim data dalam banyak orang yang terhubung dalam sebuah jaringan. 

3.2 SARAN

Dalam pembuatan atau penyusunan makalah ini ada beberapa saran yang dapat kita masukkan. Dalam menggunakan komputer kita harus tahu juga melakukan sharing data lewat hotspot agar apabila kita mengumpulkan sesuatu data bisa melalui Sharing Data ini. Maka dari itu kita harus bisa melakukan Sharing Data lewat hotspot ini agar membantu dalam berbagi data atau mengirim data. 



DAFTAR PUSTAKA

http://kerax-telor.blogspot.com/2016/01/cara-membuat-wifi-hotspot-di-windows-10.html


Download File Lengkapnya disini >>> Download
Password >> ronisetiawan271099.blogspot.com

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia Dimulai dari Huruf M-Z

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap