Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

   Jasa Pengiriman

Jasa Pengiriman Barang - Gambar Elcoida.com

Elcoida - Apakah sering barang anda di retur atau di kembalikan? Sebelumnya kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata barang yang tidak lolos xray, atau bahkan kalian pernah mengirim barang terus kalian di hubungi oleh pihak jasa pengirim barang, bahwa barang anda tidak lolos xray.

Jadi alangkah baiknya anda semua agar mengetahui jenis barang yang tidak boleh di kirim lewat jasa pengiriman barang. Terus barang apa saja yang tidak boleh di kirim?

Bukan tidak boleh, untuk biar jelas, apa yang di tetapkan berdasarkan standar pengiriman yang di anggap terlarang dengan apa yang terjadi di lapangan agak sedikit berbeda.

Peraturan berdasarkan standar pengiriman:
  • Barang-barang yang beralamat tidak lengkap.
  • Barang berbahaya atau yang mudah meledak (seperti: korek api dan gas).
  • Barang terlarang (N4rkotik dan obat-obatan).
  • Buku-buku/ lembaran/ cetakan ponografi atau yang mengganggu kesusilaan,keamanan,dan ketertiban nasional.
  • Tanaman hidup, Kecuali ada surat ijin lulus karantina bebas hama.
  • Hewan hidup, Kecuali ada surat ijin lulus karantina bebas penyakit.
  • Senjata tajam, pisau dan petasan (senjata dapat dikirim jika ada surat dari kepolisian).
  • Perhiasan/ batu mulia/ logam mulia, karena ada aturan khusus untuk pengiriman barang-barang berharga.
  • Uang tunai.
  • Perlengkapan dan peralatan judi.
Tersebut di atas adalah aturan-aturan yang sering kita dengar dan di sampaikan para petugas jasa pengiriman barang seperti JNE, POS, J&T, TIKI, dan yang lainnya. 

Kemudian barang lainnya yang tidak di perbolehkan, khususnya barang yang tidak lolos xray, sebagai berikut:

1. Battery (batre)

Yang paling umum dan yang paling banyak ditemukan yang pertama adalah baterai, yang paling aneh walaupun itu baterai sekecil apapun pasti gak lolos, dan yang paling banyak ditemukan adalah barang-barang elektronik seperti timbangan digital, mic bluetooth.

Jadi, untuk kalian yang mau mengirim barang elektronik harap di buka atau di copot baterai-nya, dan bila tetap gak lolos mesti bersedia barang kalian di bongkar, kalau misalkan di hubungi oleh pihak jasa pengiriman barang, hanya untuk mengkonfirmasi bahwa barangnya tidak mengandung baterai, nanti oleh pihak mereka akan di berangkat-kan kembali.

2. Parfume

Yang kedua ada parfume, mau semahal apa parfume itu tetap saja gak bakalan bisa lolos, jadi hati-hati yah jika ada yang di selip-selip itu sama sekali gak ngaruh pasti ketahuan saat di scan xray dan lalu di bongkar. 

3. Power bank

Sebenarnya power bank dengan baterai itu sama saja karena power bank juga mengandung baterai. Sungguh sayang masih banyak saja paket yang isinya power bank, gak tahu siapa yang salah apa salah konsumen-nya yang tetap kekeh mau di kirim atau salah agen-nya yang tetap mau menerima power bank walaupun sudah tahu itu gak bakalan lolos.

4. Makanan dan kuah yang pakingnya tidak standar

Pasti diantara kalian sudah pernah mengirim paket makanan atau kuah tapi di retur kembali atau gak lolos, pasti itu alasannya karna paking tidak standar, yah mungkin barang itu pecah atau tumpah.

Jadi kalau mau mengirim barang seperti itu mending di asuransi-kan atau pakai paking kayu jadi supaya paket kalian aman dari benturan dan senggolan, biasanya paking kayu di sediakan atau di tawari oleh pihak jasa pengiriman barang.

5. Cairan dan serbuk yang tidak ada MSDS

Jadi semua paket yang ada cairan dan serbuk di dalamnya tidak akan lolos bila tidak di sertai dengan surat MSDS dari laboratorium bahwa cairan dan serbuk itu tidak berbahaya.

6. Aerosol

Aerosol yaitu sejenis cairan yang mengandung gas seperti halnya parfume yang ada gasnya atau spay pewangi, itu juga gak lolos. 

7. Speaker music

Speaker music juga gak bisa karna mengandung batre litium di dalamnya.

8. Kutek

Mungkin cukup itu yang dapat kami paparkan di artikel ini, karena itu barang yang umum dan yang paling banyak ditemukan saat petugas mengecek.

Tapi kalian jangan takut!, bila paket atau kiriman anda mengandung barang-barang di atas yang tidak bisa di copot, anda bisa mengirimnya via darat atau tracking pasti bisa dan pasti sampai tujuan namun waktunya yang agak lama. 

Apakah handphone bisa di kirim lewat JNE atau J&T?

Semua jasa pengiriman sama saja mau JNE, J&T POS TIKI dan yang lainnya, karena yang membuat peraturannya bukan jasa pengirim barangnya tetapi dari pihak maskapai penerbangan-nya yaitu dengan adanya scan xray. 

Biasanya HP dan laptop bisa, tapi tergantung pihak maskapai-nya juga, biasanya kalau ada hp atau laptop yang gak lolos di salah satu maskapai pasti akan langsung di pindahkan ke maskapai yang lainnya pada waktu itu juga. Dan maskapai yang bisa mengirim hp atau laptop itu maskapai Garuda Indonesia.

Comments

Post a Comment

Populer

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

Cara Membuat Pondasi Rumah Waow Kuat

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap