Facebook Serius Blokir Grup Jual Beli Hewan

   FP, Grup, Medsos

GB. Screenshot status di wall Fb

Elcoida - Mengutip dari www.wongekicau.com Jakarta, Kamis (25/4/2019) Para pelaku usaha penangkaran dan jual beli hewan peliharaan di Jakarta mengaku resah sejak beberapa hari terakhir ini.

Hal itu disebabkan karena adanya penutupan atau penonaktifan sejumlah grup jual beli burung di media sosial Facebook yang selama ini menjadi tumpuan untuk mempromosikan dagangan mereka.

Sejumlah grup jual beli burung di media sosial Facebook memang diketahui tiba-tiba ‘menghilang’ sejak beberapa hari terakhir.

Sejumlah grup jual beli itu antara lain seperti grup B4 Bekasi, JUAL BELI BURUNG LUMAJANG, JUAL BELI BURUNG dan masih banyak lagi grup jual beli burung di beberapa kota yang tiba tiba menghilang.

“Iya betul memang sejak beberapa hari terakhir ini banyak teman yang mengeluh grup jual beli di Facebook tiba-tiba menghilang dan tak bisa diakses. Sepertinya dinonaktifkan atau diblokir oleh Facebook. Kita juga tidak tahu kenapa. Yang jelas tidak hanya satu grup tapi banyak,” kata salah seorang pelaku usaha jual beli burung di Jakarta, Rudi, Kamis (25/4/2019). 

Hal yang sama juga diungkapkan pelaku usaha jual beli hewan peliharaan lainnya, Lukman. Lelaki yang juga menjadi admin sebuah grup Facebook itu mengaku, tidak mengetahui secara pasti penyebab penonaktifan sejumlah grup tersebut.

Namun ia menduga hal itu disebabkan karena kebijakan baru Facebook terkait pedoman komunitas, yang melarang adanya jual beli hewan peliharaan atau segala jenis binatang.

Kebijakan Perdagangan Facebook

Barang apa saja yang tidak boleh dijual di Facebook atau Marketplace?
Semua barang yang dijual di Facebook harus mematuhi Kebijakan Perdagangan kami. Kebijakan Perdagangan berlaku untuk:
  • Marketplace
  • Grup jual beli
  • Toko halaman
  • Belanja Instagram
Berikut ini beberapa contoh umum barang yang tidak boleh dijual di Facebook:
  • Bukan barang asli: Semua barang yang tidak memiliki wujud fisik untuk dijual. Misalnya, postingan “mencari barang”, postingan berita kehilangan, lelucon, dan berita tidak diperbolehkan.
  • Jasa atau tiket acara: Anda hanya bisa menjual jasa (misalnya: jasa membersihkan rumah) atau tiket acara di Marketplace dengan izin tertulis dari Facebook. Pelajari selengkapnya tentang kebijakan kami mengenai jasa dan tiket acara.
  • Deskripsi dan foto tidak cocok: Foto barang harus sesuai dengan deskripsi dan judul tawaran.
  • Jual beli binatang: Menjual binatang di Marketplace atau grup jual beli tidak diperbolehkan. Termasuk postingan tentang adopsi binatang. Perlu diingat bahwa Anda boleh membuat postingan Kabar Beranda atau iklan tentang menjual binatang.
  • Perawatan Kesehatan: Barang terkait perawatan kesehatan tidak boleh dijual (misalnya: termometer, P3K).
  • Gambar sebelum dan sesudah: Barang yang dijual di Facebook tidak boleh menampilkan gambar sebelum dan sesudah (contoh: foto yang menunjukkan penurunan berat badan).
Jika akses Anda ke Marketplace dihapus karena melanggar Kebijakan Perdagangan, pelajari apa yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda melihat tawaran di Marketplace yang tidak mematuhi kebijakan Perdagangan kami, harap laporkan kepada kami.

Catatan: Informasi di atas merangkum beberapa bagian Kebijakan Perdagangan untuk kemudahan Anda, dan tidak dimaksudkan untuk mengubah Kebijakan Perdagangan.
Konten yang dilarang Facebook

Penjualan hal-hal berikut tidak diperbolehkan di Produk Komersial Facebook dan Instagram:

1. Standar Komunitas
Kiriman komersial tidak boleh melanggar Standar Komunitas Facebook.

2. Obat-obatan ilegal, resep dokter, atau n4rkoba
Kiriman tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan obat ilegal, obat resep, atau n4rkotik4.

3. Produk t3mbakau dan perlengkapan terkait
Kiriman tidak boleh mempromosikan penjualan produk t3mbakau atau perlengkapan t3mbakau.

4. Suplemen yang Tidak Aman
Kiriman tidak boleh mempromosikan penjualan suplemen yang tidak aman, sebagaimana ditentukan oleh Facebook dalam kebijaksanaannya sendiri.

5. Senjata, Amun1si, atau Bahan P3ledak
6. Hewan Kiriman tidak boleh mempromosikan penjualan hewan.
7. Produk atau Layanan Orang Dewasa
8. Alk0hol
9. Produk Perawatan Kesehatan
10. Layanan Jud1 Dengan Uang Nyata
11. Menipu, Menyesatkan, Curang, Atau Mengganggu
12. Produk Dengan Pemosisian Yang Menggambarkan Aktivitas S3ksual
13. Produk Langganan Atau Digital
14. Media Digital dan Perangkat Elektronik
15. Mata Uang Riil, Virtual, Atau Palsu
16. Tidak Ada Maksud Komersial
17. Pelanggaran Pihak Ketiga

18. Diskriminasi
Postingan tidak boleh mendiskriminasi atau mengindikasikan preferensi terhadap orang-orang tertentu berdasarkan ciri-ciri fisik, termasuk, namun tidak terbatas pada, ras, suku, warna kulit, asal negara, kewarganegaraan, agama, usia, jenis kelamin, orientasi seksual, identitas gender, status keluarga, status pernikahan, disabilitas, atau kondisi medis maupun kondisi genetik.

Postingan wajib mematuhi semua undang-undang pelarangan diskriminasi yang berlaku. Hal tersebut meliputi, namun tidak terbatas pada, diskriminasi pada postingan rumah.

# Lebih lanjut, Facebook menjelaskan bahwa setelah ada laporan pelanggaran standar komunitas, Facebook akan menindaklanjuti, lalu menghapus postingan bahkan memblokir grup yang dianggap menyimpang.

Ditanya soal tindakan apa yang akan dilakukan Facebook, pihaknya berjanji akan lebih cermat dalam penggunaan otomatisasi.

"Tentu saja, banyak pekerjaan kami yang sangat kontekstual, seperti menentukan apakah komentar tertentu menyiratkan kebencian atau perundungan. Sebab itulah kami punya orang-orang (bukan bot), untuk melaporkan hal tersebut kemudian membuat keputusan", imbuh Facebook sebagaimana melansir Artikel yang tayang di Kompas.com dengan judul "Facebook Hapus 120 Grup "Gelap" Beranggotakan Ratusan Ribu Orang".

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia Dimulai dari Huruf M-Z

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap