Review Jurnal Jaringan Komputer Cloud Computing





REVIEW JURNAL





Abstrak

Jurnal yang berjudul ”Analisis Sistem Penyimpanan Data Menggunakan Sistem Cloud Computing Studi Kasus SMK N 2 Karanganyar” ini berisi tentang Analisis Sistem Penyimpanan Data Menggunakan Sistem Cloud Computing Studi Kasus SMK N 2 Karanganyar karena penyimpanan data yang ada di SMK N 2 karanganyar masih menggunakan komputer server.

Abstrak yang disajikan penulis hanya menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa inggris (Bahasa Internasional) dan Bahasa Indonesia. Secara keseluruhan isi dari abstrak ini langsung menuju ke topic bahasan yang dibahas dalam jurnal ini, yang menurut saya pembaca menjadi mudah memahami jurnal ini.



Latar Belakang

Didalam latar belakang, penulis menegaskan bahwa Penggunaan cluod computing merupakan hal penting dalam suatu sistem penyimpanan data dari suatu sistem administrasi sekolah. Selama ini SMK N 2 Karanganyar menggunakan komputer server dalam penyimpanan data. Sistem penyimpanan data seperti ini dirasa kurang efektif karena tidak cocok untuk network skala besar, administrasi menjadi tidak terkontrol Tiap user harus dilatih untuk menjalankan tugas administratif. Hal itu melatarbelakangi untuk menganalisis penyimpanan data di SMK N 2 Karanganyar yang belum menggunakan Cloud Computing. 



Saya sangat setuju dengan Penggunaan cluod computing merupakan hal penting dalam suatu sistem penyimpanan data dari suatu sistem administrasi sekolah karena cloud computing akan diuntungkan karena tingkat efektifitas dan effisiensi yang dijanjikannya. 



Tujuan Penelitian

1. Menjadikan cloud computing sebagai sistem penyimpanan data di SMK N 2 Karanganyar.
2. Mendukung produktifitas dan efisiensi infrastruktur SMK N 2 Karanganyar.



Manfaat Penelitian

Didalam Manfaat Penelitian ada 4 macam penulis sebutkan yaitu :
a. mengurangi biaya infrastrukur kebutuhan komputer
b. pengurangan biaya listrik
c. tidak perlu membeli software dasar untuk aplikasi
d. mengurangi tenaga IT profesional sehingga menghemat biaya perawatan.



Pengertian Cloud Computing

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.


Dalam sub pokok bahasan diatas penulis menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana pengertian cloud computing tersebut. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca . 



Layanan yang ditawarkan cloud computing

Cloud computing dapat diimplementasikan dengan cara menyediakan komponenkomponen berupa server, hardware, dan jaringan yang dibutuhkan. Pengguna cloud computing dapat melakukan instalasi aplikasi yang digunakannya pada infrastruktur tersebut.

Layanan-layanan yang bisa dipilih meliputi:

a. Infrastructure as a service
b. Platform as a service
c. Software as a service



Manfaat cloud computing bagi SMK N 2 Karanganyar 
  1. Pengunaan teknologi Cloud Computing membantu para perusahaan untuk menghemat biaya.
  2. Kapasitas cloud computing memang tergantung pada biaya sewa, namun teknologi cloud computing bisa menyimpanan data pada cloud computing lebih besar dari pada komputer pribadi.
  3. Availability berarti cloud computing mempunyai jaminan dapat diakses 7 x 24 jam dari mana saja dan kapan saja Teknologi Cloud Computing sekarang baru tren karena mampu memberikan solusi untuk penghematan biaya dan kemudahan dalam berbisnis.


Simpulan

Pada bagian kesimpulan, penulis menjelaskan bahwa respon terhadap Implementasi cloud computing pada sebuah instansi sangat penting dilakukan mengingat telah disebutkan bahwa dengan cloud computing akan diuntungkan karena tingkat efektifitas dan effisiensi yang dijanjikannya. Pada bagian kesimpulan ini penulis cukup baik dalam menjelaskan apa saja manfaatnya dalam penggunaan cloud computing pada SMK N 2 Karanganyar . 





Sumber :

  • Review Jurnal Tentang IT Networking
  • Review Jurnal Tentang Jaringan Komputer
  • Review Jurnal Jaringan Komputer
  • Contoh Review Jurnal Jaringan Komputer
  • Contoh Review Jurnal
  • Review Jurnal Cloud Computing 
  • Contoh Review Jurnal Cloud Computing

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap