Review Jurnal Jaringan Komputer Secure Shell (SSH)





REVIEW JURNAL




Abstrak


Jurnal yang berjudul ” Penggunaan Secure Shell (SSH) Sebagai Sistem Komunikasi Aman Pada Web Ujian Online” ini berisi tentang Penggunaan Secure Shell (SSH) Sebagai Sistem Komunikasi Aman Pada Web Ujian Online.


Keamanan jaringan menjadi kebutuhan penting bagi administrator dalam mengatur website. Ini merupakan salah abstrak yang digunakan penulis menggunakan bahasa dan bahasa indonesia. secara keseluruhan isi data abstrak ini langsung menuju ke topik bahasan yang dibahas dalam jurnal ini, yang menurut saya membuat pembaca menjadi mudah memahami. Di abstrak jurnal tersebut menggunakan dua antara lain adalaha bahasa internasional atau bahasa inggris dan bahasa indonesia.



Pendahuluan


Didalam pragraf pertama, penuis menegaskan bahwa SSH (secure shell) adalah protokol jaringan yang berada di lapisan aplikasi pada protokol TCP/IP, memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur klien server dengan menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui teknik enkripsi dan dekripsi yang dilakukan secara otomatis didalam koneksinya, untuk menggunakan SSH dibutuhkan otentifikasi user berupa kunci umum dan password yang terenkripsi. Saya juga sangat setuju dengan hal tersebut, dann juga SSH digunakan untuk mengendalikan komputer jarak jauh (remote), mengirim file, membuat terowongan yang terenkripsi (tunneling/port forwarding) dan lain-lain. Karena SSH ini sangat berguna untuk komunikasi data yang aman.



Pembahasan

3.1. Akses Web Ujian Online dengan DPF (dynamic port forwarding)


Klien akan mencoba mengakses web ujian online melalui SSH yang mendukung fungsi Dinamic Port Forwarding. Dalam melakukan dynamic port forwarding dibutuhkan SOCKS dan port. SOCKS merupakan protokol kecil yang dijadikan sebagai proxy untuk transmisi data melalui jaringan dan port yang dibentuk ketika melakukan login ke remote SSH server, keduanya diatur pada setiap web browser yang akan gunakan.


3.2. Analisis Keamanan DPF (Dynamic Port Forwarding)


Analisis ini dilakukan untuk membuktikan apakah DPF benar dapat mengamankan komunikasi klien dengan web ujian online, dengan memonitor saat akses berlangsung menggunakan aplikasi wireshark.


3.3. Akses Localhost Web ujian online dengan LPF (local port forwarding)


Klien akan mencoba mengakses web ujian online melalui SSH yang mendukung fungsi local port forwarding. Pada local port forwarding SSH dikonfigurasi untuk listen pada port yang dipilih. SSH membawa semua lalu lintas menggunakan port yang dipilih dan mengirimkannya melalui sebuah terowongan SSH.


3.4. Analisis Keamanan LPF (Local Port Forwarding)


Analisis ini dilakukan untuk membuktikan apakah LPF benar dapat mengamankan komunikasi klien dengan web ujian online melalui lokal, dengan memonitor saat akses berlangsung menggunakan aplikasi wireshark.


3.5. Pengujian Keamanan SSH


Pengujian ini dilakukan dengan membandingkan protokol telnet dengan ssh, keduanya adalah protokol yang digunakan untuk remote login. Diasumsikan proses monitoring telah dilakukan dengan menghasilkan analisis, bahwa ssh menggunakan enkripsi saat melakukan remote sehingga informasi berupa username dan password tidak dapat terlihat, berbeda dengan telnet, pada telnet tidak digunakan enkripsi saat melakukan remote sehingga mudah bagi pihak lain untuk mengetahui informasi berupa username dan password hal ini memperlihatkan keamanan ssh dengan telnet yang merupakan protocol untuk remote login.


3.6. Pengujian Serangan


Pengujian ini dilakukan dengan brute force ke ssh server, brute force adalah serangan langsung ke dalam sistem komputer dengan menggunakan kombinasi password berupa angka, huruf maupun simbol secara acak, sehingga memungkinkan dari kombinasi password tersebut ada, password yang dapat digunakan untuk menembus sistem komputer.


Dalam sub pokok bahasan diatas penulis menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan, menggunakan metode-metode yang telah disebutkan diatas dan lebih jelasnya lagi kalian bisa download filenya jurnal. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca .



Simpulan


Pada bagian kesimpulan, penulis menjelaskan bahwa respon terhadap penggunaan SSH sebagai sistem komunikasi aman ke dalam web ujian online sangat bermanfaat sekali dan Pada bagian kesimpulan ini penulis cukup baik dalam menjelaskan apa saja manfaatnya dalam penggunaa SSH sebagai sistem komunikasi aman ke dalam web ujian .



Sumber :
  • Review Jurnal Tentang IT Networking
  • Review Jurnal Tentang Jaringan Komputer
  • Contoh Review Jurnal Jaringan Komputer
  • Review Jurnal Jaringan Komputer
  • Contoh Review Jurnal
  • Review Jurnal Secure Shell ( SSH )
  • Contoh Review Jurnal Secure Shell ( SSH )
  • Review Jurnal Protokol
  • Review Jurnal Protokol Secure Shell ( SSH )

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap