"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

   #JalanBarengDomaiNesia di Blog!&Lock 2019


Elcoida - "Digital Marketing Life Hacks". Apabila ditranslate adalah "Kehidupan Pemasaran Digital Hacks" Apa maksudnya dan apa artinya:

Digital marketing adalah: Serangkaian proses pemasaran yang memanfaatkan semua saluran digital yang tersedia untuk mempromosikan suatu produk atau jasa atau juga membangun suatu merek secara digital.

Life Hacks adalah: Sejenis trik atau ide yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi Digital Marketing Life Hacks Adalah: Cara atau metode yang mampu menjadikan pekerjaan dalam bidang digital marketing menjadi lebih ringan dan mudah.

Secara garis besar, "digital marketing life hack adalah berbagai trik pemasaran digital yang digunakan oleh suatu usaha untuk mempromosikan produk ataupun layanannya agar produknya menjadi terkenal dan dicari oleh banyak orang".

Di era digital ini pemasaran produk tak hanya dilakukan melalui mulut ke mulut atau spanduk yang terpasang di pinggir jalan. Datangnya era digital marketing telah merubah konsep pemasaran tradisional dari iklan di Koran, majalah dan kertas menuju iklan di saluran digital seperti sosial media, iklan PPC, periklanan secara digital, dsb.

Saluran digital marketing meliputi : website, apilkasi berbasis sosial media, penempatan banner, email pemasaran, pemasaran melalui perangkat mobile, iklan pay per click, SEO, Web TV,SMS, Billboard, dan hal lainnya yang berhubungan dengan sarana digital.

Nah apa bedanya digital marketing dengan internet marketing?

Internet marketing merupakan bagian dari digital marketing. Dan juga menjadi bagian terpenting dari digital marketing karena sebagian besar aktivitas dan anggaran pemasaran digital dilakukan lewat internet marketing.

www.domainesia.com

Saluran umum internet/digital marketing meliputi:

Website/ Blog


Baik website Pribadi maupun website perusahaan atau bahkan blog pribadi yang gratisan ( seperti WordPress atau Blogger). Kebanyakan kampanye melalui website selalu mempunyai titik awal dan tujuan akhir.

Hal dalam menjalankan digital marketing yang tepat adalah membangun blog, blog bisa menciptakan peluang luar biasa untuk pertumbuhan profesional, kreatif, dan emosional. Tidak peduli motif dari alasan online Anda, mengatur ruang Anda sendiri untuk memberikan wawasan, menginspirasi, atau menawarkan perspektif alternatif, membuat Anda siap untuk menjadi lebih berpengalaman dalam apa yang Anda lakukan saat ini.

Anda juga menjadi lebih mampu mengambil tugas-tugas tingkat lebih lanjut ketika datang ke pemasaran digital, desain web, dan pengembangan di kemudian hari. Jika Anda baru memulai proses pembuatan blog Anda, ada baiknya Anda melihat beberapa tips dasar untuk membantu Anda membangunnya dan mulai menambahkan konten terlebih dahulu bisa anda buat blog pertama anda di hosting murah.

Contoh : ketika kampanye melalui pemasaran digital untuk mempromosikan website kita (titik awal) dengan maksud untuk mendapat lebih banyak pengunjung ke website kita dengan cara membuat domain yang mudah diingat (tujuan akhir).

Search Marketing (SEM)


Search Marketing adalah dasar dari Internet Marketing yang terdiri dari dua kegiatan penting yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PSA (Paid Search Advertising).

SEO berkaitan dengan teknik optimalisasi pencarian kata kunci agar tampil di peringkat paling tinggi pada mesin pencari. Sedangkan PSA berkaitan dengan pemasangan iklan di mesin pencari untuk mendapatkan pengunjung.

Metode yang biasa digunakan adalah Pay Per Click (PPC) dan perangkat yang cukup terkenal adalah Google Adword yang memberikan keleluasaan pada anda untuk memasang iklan di google dan mitra kerjanya.

Social Media Marketing


Pemasaran lewat media sosial merupakan bagian dari internet marketing dan mendapat perhatian yang sangat besar dari para pemasar beberapa tahun terakhir. Jutaan pengguna menghabiskan sebagian besar waktu online di:

1. FacebookSalah satu hal terpenting yang dapat dipahami blogger tentang pemasaran media sosial adalah bahwa itu semua bukan lagi strategi yang gratis. Meskipun pasti ada banyak cara seorang dapat memanfaatkan pemasaran media sosial untuk mendapatkan lalu lintas organik di media sosial, strategi berbayar tetap akan diperlukan untuk keberhasilan yang optimal.

Ini karena banyak platform media sosial telah menerapkan algoritma yang membuat audiens Anda tidak melihat semua konten yang Anda posting, karena merekapun tahu mana postingan alay dan mana promosi produk.

Untungnya, beriklan di Facebook menjadi lebih sederhana, lebih terjangkau, dan lebih efektif selama bertahun-tahun. Jika Anda baru mengenal iklan Facebook, cobalah mempelajari hal tersebut secara mendalam di internet. Seperti kemarin saya dapat undangan gratis dari penyedia hosting yang akan membahas cara beriklan yang bagus di Facebook.

2. Twitter, Twitter juga dapat menyesuaikan iklan berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Twitter dan afiliasinya serta informasi yang dibagikan oleh mitra pengiklan, seperti alamat email berciri (hash), pengidentifikasi perangkat seluler, atau informasi terkait browser (ID kuki browser).

3. Instagram, Pada tahap ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk tab business settings lalu pilih Instagram accounts. Klik tombol claim new Instagram account, hal ini digunakan untuk memasukan akun Instagram Anda ke dalam facebook bussines manager. Lalu login dengan akun Instagram untuk orientasi digital marketing Anda.

4. Pinterest, Share hasil iklan terakhir Anda di Sosial Media Pinterest, karena Pinterest adalah pusatnya netizen seluruh dunia terutama dalam bidang teknologi Website.

5. Youtube, Buat Video testimoni untuk internet marketing.

6. Linkedin dan sosial media lainnya.

Dan fakta ini, membuat para pemasar digital selalu memperhatikan media sosial sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital mereka.

Email Marketing


Era pemasaran melalui email masih terus berlanjut, dan merupakan alat yang sangat diperlukan di setiap kampanye digital marketing. Walaupun pengaruh media sosial yang begitu besar, email tetap merupakan cara yang efektif dan efisien untuk menarik pembaca dan pengunjung menjadi pelanggan kita.

Dalam Hal pemasaran, email marketing merupakan proses pengumpulan alamat email dari orang yang tertarik dengan produk atau jasa kita, dengan cara mengirimkan mereka newsletter maupun penawaran.

Mobile Marketing


Mobile Marketing Saat ini, diperkirakan 50% pengguna mencari website, media sosial, produk maupun jasa untuk dibeli melalui smartphone. Bisa jadi tahun mendatang meningkat menjadi 90 %.

Banner Advertising


Kita dapat menemukan sebagian besar spanduk iklan digital di property web seperti : website, web mobile aplikasi mobile , mesin pencari, newsletter, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya.

Pemasaran digital mempromosikan produk dan jasa mereka melalui beberapa tipe spanduk digital (statis, text, animasi, gambar, video) dengan platform yang berbeda.

Kesimpulan


Internet marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Atau bila kita berbicara mengenai digital marketing itu mengenai Internet marketing plus SMS, WebTV and digital advertising.

Jadi sepengetahuan penulis, sebagain besar kursus digital marketing yang diselenggarakan oleh lembaga kursus hanyalah kursus internet marketing. Bahkan sebagian besar kursus internet marketing tapi isinya hanyalah kursus Search Marketing (SEM) yang berisi SEO dan google adword.

Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?

Setelah mengetahui beberapa konsep dasar dari digital marketing di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.
  • Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun social media, identitas brand dan produk, posting-an blog, jejak online (review, testimoni, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
  • Kedua, siapkan content yang menarik perhatian dan shareable. Content dapat berupa foto, video, tulisan, atau yang lainnya.
  • Ketiga, Anda dapat memulai posting dan selanjutnya evaluasi setiap posting-an di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
  • Langkah selanjutnya, yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace publik. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.
Setelah mengetahui tentang digital marketing, untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis Anda tentu juga harus didukung perencanaan keuangan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan, dan analisa keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi pemasaran.

Cari artikel terkait:


#JalanBarengDomaiNesia
Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog DomaiNesia dengan Tema "Digital Marketing Life Hack"

Rahmad Widodo
FB: Rahmad Widodo Al-Musawah

DomaiNesia

Comments

Post a Comment

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia Dimulai dari Huruf M-Z



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap