Selama Kita Masih Membangun Tembok Keangkuhan, Kita takkan Pernah Bisa Mendekati-Nya. Hapus Kesombongan dengan Perbanyak Sujud

   ARTIKEL Keimanan


Elcoida - Assalamualaikum wr wb. Sahabatku rahimakumullah. Setiap diri kita pastilah kelak ingin mendapatkan syafaat Rasulullah Saw dan berkumpul bersama Rasulullah sampai ke Surga. 

Bagaimana caranya?

Salah satunya adalah dengan memperbanyak sujud kita melalui shalat-shalat sunnah. Dalam hadits diriwayatkan, Rasulullah Saw berkata kepada Rubi’ah ibn Malik : Wahai Rubi’ah, mintalah apa yang engkau inginkan dariku”. Maka Rubi’ah berkata : “Ya Rasuulullah, saya ingin menemani engkau sampai dengan di surga”.

Rasulullah Saw bersabda : “Apakah tidak ada permintaanmu selain itu?”.

Rubi’ah menjawab: “Hanya itu, ya Rauulullah”. 
Rasulullah Saw :”Kalau begitu, tolonglah aku agar aku bisa memberikan syafa’at dan pertolongan untukmu dengan jalan kamu memperbanyak sujud”. (HR Muslim 1/353) 

Yang dimaksud “memperbanyak sujud” dalam hal ini adalah memperbanyak shalat-shalat Sunnah. Sujud adalah lambang kerendahan diri. Semakin seseorang merendahkan dirinya, makin dekat pula ia dengan Yang Maha Tinggi. 

Oleh karena itu, Rasulullah saw pernah bersabda, "Saat ketika seorang hamba paling dekat dengan Tuhannya adalah saat ketika ia tengah bersujud." Ketika ia bersujud, ia menempatkan kepalanya-yang menjadi lambang kepongahan-pada tempat yang serendah-rendahnya.

Bahkan dalam shalat, kita disunnahkan agar merebahkan kepala kita di atas tanah, yang dari situ kita diciptakan dan ke tanah pula kita dikembalikan.

Sujud adalah gambaran perendahan diri kita yang serendah-rendahnya agar kita dekat dengan Allah swt.

Selama kita masih membangun tembok keangkuhan, kita takkan pernah bisa mendekati-Nya. Bukankah Rasulullah saw pernah bersabda, "Tidak akan pernah bisa masuk surga orang yang memiliki perasaan takabur di dalam hatinya walaupun sebesar debu saja."

Memperbanyak sujud melalui shalat-shalat sunnah seperti Shalat sunnah Rawatib, Tahajud, Witir, Dhuha dll akan dapat mencegah kita berbuat buruk, keji dan munkar, sebagaimana firmanNya :

“Sesungguhnya Shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat lain) Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (al-‘Ankabut : 45)

Memperbanyak Sujud juga dapat meninggikan derajat seseorang dan juga menghapuskan dosa-dosanya. Dalam hadits lain diriwayatkan, Rasulullah pernah bersabda, “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah.

Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’” (HR. Muslim no. 488).

Semoga kita dan anak-anak keturunan kita adalah para ahli Sujud dan termasuk kedalam golongan orang-orang saleh serta kelak bisa mendapatkan Syafaat Rasul dan berkumpul bersama Rasul Saw di Surga. Aamiin YRA 

Semangat Pagi Sahabatku, Tetap Semangat beraktifitas di hari yang agak dingin ini untuk menjemput rezeki, mencari ilmu, menunaikan tugas dan tanggung jawab.

Jangan lupa untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan saling berpesan dalam kebenaran dan kesabaran.

Baraka Allah jzkl. Aamiin

Allahumma shali ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia

Daftar Nama-nama PO Bis Di Indonesia Dimulai dari Huruf M-Z

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap