Inilah Dampak Jika Kita Merasa Iri Hati

   Bimbingan Orangtua

Ilustrasi Model

Elcoida - Dalam hidup mungkin ada saja yang selalu merasa kurang senang akan melihat kehidupan orang lain yang lebih dari dirinya entah itu; lebih kaya, lebih rupawan, lebih banyak memiliki prestasi atau mungkin lebih meyakinkan dari persaingan bisnis, dan sebagainya

Iri merupakan emosi yang ditimbulkan oleh adanya sikap seseorang yang tidak suka melihat orang lain memiliki kelebihan tertentu atau ditimbulkan oleh ketika seseorang yang tidak memiliki kelebihan tertentu di segala bidang – baik dari bidang prestasi, kekuasaan, finansial, dan sebagainya dari bidang itu, mengaharapkan orang lain yang memiliki bidang-bidang tersebut agar merasa kehilangan.

Banyak orang yang mengira Iri sama dengan Cemburu. Namun sebenarnya kedua kata yang dikira sama merujuk pada dua emosi dan makna yang berbeda, Kecemburuan merupakan rasa takut, atau akibat, dari kehilangan sesuatu yang dimilikinya atau orang lain yang melekat padanya (suatu peralihan afeksi seseorang yang mencintai, atas orang yang dicintainya, dalam bentuk yang umum). Sedangkan iri hati adalah suatu kebencian yang disebabkan karena orang lain memiliki sesuatu yang tidak dimilikinya, dan ia menginginkannya bagi dirinya sendiri.  Jadi iri hati berkaitan dengan rasa ingin memiliki atas yang tidak dimilikinya, sementara kecemburuan berkaitan dengan rasa takut kehilangan atas miliknya.

Perasaan iri hati bisa datang kapan saja dan bisa dirasakan oleh siapa saja. Media sosial merupakan sarana yang paling sering menimbulkan ke- Irian hati seseorang.

Bagaimana tidak setiap kali ada orang lain mengunggah foto di akun Media sosial, pasti seseorang akan merasakan iri dengan orang yang berada di foto tersebut. Entah foto yang diunggah itu foto saat liburan yang terlihat menyenangkan, foto kongkow bersama sahabat yang berkesan mewah, atau bisa jadi foto bersama keluarga yang kelihatan-nya harmonis.

Ketika Perasaan iri mulai dipelihara dapat menyebabkan beberapa kerugian yaitu:

1. Mengurangi Kelebihan dalam diri sendiri

Seseorang yang memelihara rasa iri akan selalu melihat kelebihan orang lain dan mungkin ada niat jahat untuk mencelakai orang tersebut agar kelebihan orang lain akan hilang. Hal seperti ini yang dapat memicu penyebab mengurangi kelebihan dalam diri sendiri. Maksudnya ialah ketika kita sering melihat prestasi atau kelebihan seseorang dan kita iri terhadap itu. Disitu juga perasaan negatif sering muncul ; keinginan untuk menjatuhkan dan tidak melihat potensi kelebihan diri sendiri. Kita tidak bisa maju, jika hanya berdiam diri diiringi rasa iri tanpa menempa potensi yang ada dalam diri sendiri.

2. Bisa menjadi pemicu stres bahkan gila

Rasa iri selalu menghantui pikiran. Selalu ada saja hal yang harus di irikan. Hal ini lah yang menyebabkan pikiran tidak fokus dalam menjalani kehidupan.

Akibatnya bisa membuat diri menjadi Stress, depresi, bahkan bisa menimbulkan kegilaan, jika sudah terjadi seperti itu maka fisik pun bisa jadi tidak lagi menjadi sempurna dan sehat.

3. Menimbulkan keraguan dengan keputusan yang telah dibuat

Kenapa dia bisa tinggal dirumah yang seperti itu? Kenapa dia memiliki harta yang banyak? Dari mana asal harta itu?  Apakah hasil dari pesugihan?

Nah, pertanyaan itu pasti ada dalam pikiran.  Sikap iri didalam diri akan mempertanyakan semua hal dan  membuat ragu dengan apa yang dilakukan.
Jika terlalu banyak melihat kehidupan orang lain sehingga timbul rasa iri. Pada akhirnya diri akan mempertanyakan semua keputusan dan membuat kepercayaan terhadap diri sendiri berkurang.

4.  Sulit untuk mendapatkan Sahabat atau teman

Iri hati akan sulit mendapatkan teman. Penyebabnya ialah, rasa iri membuat seseorang akan selalu untuk mencari tahu kekurangan dan kelemahan orang lain dengan perilaku yang seperti ini maka orang lain selalu menjauhi dan enggan mendekat.

5. Tidak bisa hidup dengan tenang

Iri hati juga bisa menyebabkan kehidupan menjadi tidak tenang. Hal idni disebabkan karena selalu merasa tidak senang melihat kehidupan orang lain sukses, bahagia, memiliki teman, mendapat pujian dan lain sebagainya.

Manusia merupakan makhluk sempurna yang pernah diciptakan tuhan. Manusia juga dilahirkan untuk hidup sehat. Memang Iri Hati bukan merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang ada dalam tubuh manusia. Namun apabila, iri hati telah sampai ke tahap kronis akan dapat mengakibatkan terjadinya stress, depresi, bahkan penyakit jiwa. sifat iri hati merupakan suatu indikasi bahwa hidupnya tidak selalu merasakan kebahagiaan. Sifat Iri hati hanya bisa disembuhkan dengan menggantungkan semuanya kepada keputusan diri sendiri. Apakah mau berpikir positif atau negatif secara terus-menerus.

Comments

  1. iri hati gak baik buat kesehatan mental, bikin hidup gak tenang

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap