Dhurga Kali Maya

   Misteri



Elcoida.com
- Kalika Maya merupakan sosok dalam kepercayaan Bali yang dianggap sebagai ratu para makluk halus dan penguasa kuburan, wujudnya sering disamakan dengan Leak Celuluk, ini mungkin karena Leak Celuluk sendiri adalah sosok tiruan dari Sang Kalika Maya yang dilakukan oleh para penekun leak ketika berubah wujud.

Bermula ketika Dewi Mayakrsna, Putri angkat Dewa Siwa dengan Dewi Uma, yang sangat cantik jelita. Ia memiliki nafsu tidak pernah puas dengan pelayanan sang suami, tatkala rasa bosan hadir, sang suami pun dibunuhnya, suami pertama nya adalah Putra Dewa Indra, demikian seterusnya hingga 35 kali menikah, suatu saat sang dewi bertemu dengan dua gandarwa bersaudara Bajrandhaksa dan adiknya Bajrangkara.

Dewi Mayakresna menikahi kedua lelaki itu dalam semalam di tengah hutan Nandana di bawah pohon Asokamaya, mereka bercinta bergiliran, Ketika itu Dewa Siwa beryoga di tengah hutan tersebut, tanpa dinyana disaksikanlah ulah sang anak seperti itu, tak layak sebagai penghuni surga, maka murkalah Dewa Siwa sahasa mengutuk mereka menjadi "bhuta kala" (setan/iblis) dan diusir ke bumi Dewi Mayakrsna menjadi Kalika Maya, Bajrangdaksa menjadi Bhuta Wilis, Bajrangkara menjadi Bhuta Abang. Merekalah yang disebut sebagai Sang Tiga Buchari. Kalika Maya menjadi Ratu Setra Gandamayu yang menguasai para jin, setan, dedemit, dll, hingga akhir zaman.

Dari semua bhuta, Kalika Mayalah yang paling menyeramkan dengan mata melotot, taring tajam, lidah yang menjulur panjang, api disekujur tubuhnya dan kulit yang berwarna merah gelap sepintas wajahnya mirip Dewi Durga, namun Kalika Maya sudah dikutuk sebelum Dewi Durga, setelah Dewi Durga turun ke bumi barulah Kalika Maya mengubah wujudnya menjadi iblis wanita berkepala gundul dan menjadi pengikut setia Dewi Durga.

Wujud Kalika Maya diabadikan dalam bentuk topeng Rarung (Rangda Merah) dan topeng Celuluk. Kalika Maya juga dikatakan suka mendiami Pohon Timbul, karena itulah kayu timbul lebih sering digunakan untuk bahan baku membuat topeng celuluk karena sudah dianggap dirasuki kekuatan Kalika Maya.
Editor: -

Comments

Populer

Barang Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikirim Lewat JNE, J&T, TIKI, POS Dan Yang Lainnya?

WC Toilet Anti Najis, WC Standar Muslim

"Digital Marketing Life Hacks". Kehidupan Pemasaran Digital Hacks

Gambar Denah Rumah Tipe-48



Sebuah situs yang berisi konten promosi, berita, informasi, pengumuman dll. www.elcoida.com media informasi kaya inspirasi.


About  |  Contact  |  Privacy Policy  |  Service  |  Disclaimer  |  Sitemap